Irwandhie Shiddique

Sejak 2007 Guru SMK di Batam. 2017 Mengikuti Pelatihan Guru Keahlian Ganda dengan Jurusan Perhotelan , 2018 Memiliki dua sertifikat Pendidik. ...

Selengkapnya
Navigasi Web
BUDAYA SEKOLAH

BUDAYA SEKOLAH

Tantangan hari ke-9

Pagi Pagi saya sudah berangkat sekolah tidak seperti biasanya, kenapa ?? karena pagi ini saya mau menulis tentang budaya sekolah , disetiap hari di pintu gerbang akan berdiri para guru guru yang akan menyambut para siswa dan siswa ketika mereka ini baru sampai disekolah inilah sekolah kami yang kami lakukan setiap hari, Sekolah ini hanya memberikan toleransi sampai jam 6.45, kemudian pintu gerbangnya otomatis terkunci dan hanya bisa kembali dibuka tepat jam 8.30, Budaya sekolah memiliki pengaruh positif dalam proses belajar hanya jika hal itu dilakukan dengan serius untuk mencapai misi prestasi akademis.

Budaya memberikan makna kepada guru untuk bagaimana mereka berlaku/bertindak dalam seluruh proses pendidikan dan kepada siswa bagaimana mereka menciptakan suasana positif di dalam ruang kelas.

Dengan budaya ini guru dan siswa sama-sama berusaha untuk menggunakan seluruh potensi yang di miliki untuk membantu mereka secara efisien dalam proses pembelajaran dan untuk menambah kompetensi yang dibutuhkan.

Pemerintah melalui prepres nomor 87 tahun 2017 mengeluarkan peraturan tentang penguatan pendidikan karakter. Peratura ini dibuat dengan pertimbangan bahwa Indonesia sebagai bangsa yang berbudaya merupakan Negara yang menjunjung tinggi akhlak mulia, nilai-nilai luruhur, kearifan dan budi pekerti. Dikeluarkannya perpres tersebut tentunya membawa angin segar bagi terciptanya kesejukan kehidupan berbangsa dan bernegara. Khususnya dalam konteks terbentuknya anak bangsa yang memilki nilai-nilai luhur atau berkarakter.

Ada delapan belas karakter yang ingin dicapai dalam program ini. Yaitu religious, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri , demokratis, rasa ingin tahu, semangat dan kebangsaaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial dan bertanggung jawab. Kedelapan belas nilai karakter ini nantinya akan dikristalisasi menjadi lima nilai utama, yaitu religious, nasionalis, mandiri, gotong royong dan integritas. #TantanganGurusiana

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Ya...pak...amin ya robbal alamin

23 Jan
Balas

Semoga karakterkarakter yang baik bisa dimiliki anakanak didik kita ya pak, amin

23 Jan
Balas



search

New Post